Senin, 01 Agustus 2011

Kampung Pintar Akan Bentuk Unit Usaha


Kampung Pintar – Yayasan Unilever Indonesia menyambut gembira perkembangan dan realisasi program Kampung Pintar di Kota Makassar. Hal tersebut terungkap setelah perwakilan YUI, Ima, melakukan kunjungan di sepuluh wilayah bersama motivator Kampung Pintar (Yayasan Peduli Negeri), belum lama ini. 

Menurut Ima, program Kampung Pintar sudah berjalan di Kota Makassar. Kendati demikian, katanya, penguatan sistem bank sampah harus lebih ditingkatkan termasuk pencatatannya hingga ke tingkat rumah tangga. “Sepuluh wilayah Kampung Pintar di Makassar nantinya harus memiliki sistem bank sampah yang pencatatannya hingga ke tingkat rumah tangga,” kata Ima. 

Ima menambahkan, program Kampung Pintar di Kota Makassar diharapkan mampu menciptakan warga yang sadar atas nilai ekonomis sampah. “Jadi nanti ke depan, di wilayah Kampung Pintar itu, ada unit-unit usaha seperti koperasi atau toko sembako, sehingga sampah-sampah warga bisa dibeli oleh unit usaha itu atau ditukarkan dengan barang,” katanya.

Kunjungan YUI bersama YPN yang berlangsung selama satu hari tersebut mendapat sambutan hangat oleh para fasilitator dan pemerintah kelurahan di masing-masing wilayah Kampung Pintar. Antusias warga dalam menjalankan program ini juga terlihat cukup tinggi, terbukti dengan rampungnya pembentukan pengurus/kelompok kerja bank sampah serta pembuatan bank sampah di sepuluh wilayah. (KP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar