Senin, 04 Juli 2011

Fasilitator Kampung Pintar Bertemu di YPN

Kampung Pintar - Sebanyak sepuluh perwakilan kelurahan menghadiri rapat program Kampung Pintar di kantor Yayasan Peduli Negeri (YPN), jalan Kakatua 2, Makassar, Sabtu (9/6). Sepuluh perwakilan tersebut merupakan fasilitator kelurahan yang dipilih menjadi wilayah Kampung Pintar 2011. Wilayah mereka ditetapkan sebagai Kampung Pintar setelah melalui proses seleksi dan presentasi wilayah di ruang pola kantor walikota Makassar, beberapa waktu lalu. Rapat juga dihadiri koordinator program Kampung Pintar Makassar.

Direktur Yayasan Peduli Negeri Saharuddin Ridwan mengatakan, program Kampung Pintar yang merupakan pilot project di Kota Makassar menekankan lingkungan sebagai pilar utama. “Yang paling utama dalam program ini adalah penguatan bank sampah, pengelolaan sampah hingga pembentukan koperasi sampah,” kata Saharuddin Ridwan saat memberikan materi kepada sepuluh fasilitator Kampung Pintar.

Saharuddin Ridwan menambahkan, penguatan pilar lingkungan pada Program Kampung Pintar juga akan dilakukan dengan pembentukan kelompok kerja, baseline study, rencana kerja, monitor dan evaluasi, pembuatan media publikasi melalui media komukasi yang dilanjutkan dengan mekanisme pengelolaan bank sampah. “Dalam waktu dekat, kami akan memberikan dana stimulan kepada sepuluh wilayah Kampung Pintar secara bertahap, namun tidak tidak menutup kemungkinan dana stimulan itu nantinya kami alihkan ke wilayah lain bila wilayah sebelumnya tidak menjalankan program secara maksimal. Jadi motivator akan terus memantau pelaksanaannya dan kami melakukan evaluasi,” kata Saharuddin Ridwan

Sepuluh fasilitator Kampung Pintar yang hadir berjanji akan menjalankan program Kampung Pintar dengan baik. Mereka menerima materi dengan cermat. Antusiasme mereka nampak saat melontarkan sejumlah pertanyaan terkait program yang baru pertama kali diadakan di Kota Makassar ini.

Selain penguatan bank sampah, pelaksanaan program Kampung Pintar di Kota Makassar, pada awal pelaksanaannya, juga difokuskan pada penghijauan. Dengan adanya program ini, diharapkan lahir kampung mandiri yang berkarakter dan memiliki potensi kearifan lokal yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan produktifitas melalui pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Sepuluh wilayah Kampung Pintar Makassar masing-masing, Kelurahan Karang Anyer, La’latang, lakkang, Ujung Pandang Baru, kalukuang, Cambaya, Ballaparang, Tamamaung, Bangkala, dan Kelurahan Pa’Baeng-baeng. Dalam waktu dekat ini, mereka akan menerima dana stimulan awal sebesar Rp. 3.000.000,- setiap kelurahan. Dana tersebut akan digunakan untuk menjalankan program sesuai mekanisme yang ditetapkan Yayasan Unilever Indonesia (YUI) dan Yayasan Peduli Negeri (YPN). (habibi/KP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar